HOME

MERAJUT ASA MENGGAPAI CITA

Rabu, 22 April 2015

MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR



BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah
Islam, satu-satunya Agama yang Allah akui kebenarannya, kesempurnaannya dan yang terbaik untuk manusia. Sebab Islam adalah Agama yang datang dari Allah, sedangkan agama lain adalah bikinan manusia semata-mata.
Dewasa ini Islam seringkali di sebut sebagai Agama pendukung teroris, kekerasan dll. Tentu kita sebagai umat Islam tidak sepakat dengan hal itu, karena kita tahu bahwa Islam itu indah dan penuh dengan keindahan seperti yang berupa peraturan-peraturan dari Allah, peraturan-peraturan ini sangat indah dan banyak sekali manfaatnya jika kita jalankan dengan benar. Berhubungan dengan latar belakang tersebut, maka di rumuskan masalah yang akan di bahas di bab berikut seperti di bawah ini :

B.     Rumusan Masalah
a.       Menjelaskan makna Islam dan keindahan.
b.      Menjelaskan keindahan Islam yang berupa perintah-perintah.
c.       Menjelaskan keindahan Islam yang berupa larangan-larangan.
d.      Menjelaskan keutamaan Islam dan keindahannya.

C.    Tujuan Penulisan Makalah
a.       Mengetahui makna Islam dan keindahan.
b.      Mengetahui keindahan Islam yang berupa perintah-perintah.
e.       Mengetahui keindahan Islam yang berupa larangan-larangan.
f.       Mengetahui keutamaan Islam dan keindahannya.

D.    Manfaat Penulisan Makalah
a.       Untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliyah Ilmu Budaya dasar.
b.      Dapat mengaplikasikan makna keindahan Islam dalam kehidupan sehari-hari.


















BAB II
PEMBAHASAN


A.    Makna Islam Dan Keindahan
Islam berasal dari kata dasar Salima yang berarti selamat, tunduk, berserah. Sementara kata Islam merupakan kata jadi (mashdar) dari Aslama Yuslimu Islaman yang berarti kepatuhan, ketundukan dan berserah.
Keindahan menurut Emmanuel Khan secara umum dapat di katakan sebagai sesuatu yang bisa mendapatkan rasa senang pada diri si penghayat.

B.     Keindahan Islam Yang Berupa Perintah-Perintah
Ada banyak sekali keindahan Islam yang berupa perintah-perintah ini, karena pada hakekatnya perintah-perintah dari Allah itu semuanya mengandung unsur keindahan meski kadang terasa berat untuk kita jalani. Di antara keindahan yang berupa perintah-perintah adalah :
a.       Bertauhid secara murni (beribadah hanya kepada Allah SWT semata). Beraqidah yang benar sesuai dengan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah, yang demikian itu dapat membawa kepada ketentraman hati. Perintah yang paling dasar dalam Islam sangat jelas keindahannya, keindahan di dunia maupun di akhirat. Keindahan di dunia maupun di akhirat, kaindahan di dunia tentu kita mempunyai petunjuk yang benar dalam kehidupan dengan berpedoman pada Al - Qur’an dan Al -  Hadits. Dan keindahan di akhirat jika kita bertauhid dengan sebenar-benarnya, tentu keselamatan di akhirat yang kita dapat.
b.      Berbakti kepada orang tua, menyambung tali silaturrahim, dan menghormati tetangga. Perintah tersebutmengandung unsur keindahan karena jika kita berbakti kepada orang tua tentu kita akan bahagia dengan keduanya, begitu pun sebaliknya.
Keindahan di sini menekankan pada kebahagiaan dan ketenangan, karena jika menjalankan ketiganya tersebut kita akan merasa tenang dan bahagia bersama mereka.
a.       Menjaga kebersihan. Agama Islam menyuruh kita untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan diri sendiri maupun lingkungan. Kebersihan sangat penting untuk kita jaga, bahkan dalam sebuah Hadits di tuturkan bahwa :
النظافة من الإيمان “Kebersihan adalah sebagian dari iman”, betapa indahnya jika seseorang dapat menjaga kebersihan baik dalam lingkungan maupun diri sendiri, karena ada pula Hadits yang menyatakan إن الله جميل يحب الجمال “Sesungguhnya Allah itu indah dan suka akan keindahan”. Ini hanya sebagian kecil contoh dari keindahan yang berupa perintah-perintah.

C.    Keindahan Islam yang berupa larangan-larangan
Di antara keindahan Islam adalah larangan-larangan yang memperingatkan seorang muslim agar tidak terjerumus ke dalam keburukan dan ancaqman keras akibat perbuatan buruk itu. Di antara keindahan Islam yang berupa larangan-larangan adalah sebagai berikut :
a.       Syirik. Yaitu menyekutukan Allah dengan sesuatu. Salah satu keindahan yang ada pada larangan ini adalah, bahwa tentu sangat indah jika yang di sembah adalah yang terbaik, terhebat dan sebagainya, jadi akan sangat bangga menyembah Allah saja, dan kita juga tidak akan ada rasa bimbang untuk menyembahn-Nya.
b.      Mabuk, mengkonsumsi atau memperjual belikan narkoba dan melarang perjudian. Ketiga hal tersebut lebih banyak madhorotnya daripada manfaatnya, baik pada diri sendiri maupun orang lain, oleh karena itu akan sangat baik dan indah jika larangan tersebut kita ta’ati. Islam ketika melarang sesuatu pasti ada hikmah di balik itu semua, misal mabuk-mabukan yang dapat menghilangkan alam sadar, kemudian bukan tidak mungkin orang tersebut akan melakukan larangan-larangan yang lain. Narkoba dan judi pun demikian juga dapat menimbulkan kerugian bagi pelakunya dan orang lain, oleh karena itu larangan Islam sangatlah indah jika di taati.

D.    Keutamaan Islam dan Keindahannya
Islam adalah satu-satunya Agama yang memiliki banyak keutamaan yang agung dan membuahkan hal-hal yang terpuji dan hasil-hasil yang mulia. Di antara keutamaan dan keindahan Islam adalah :
a.       Islam menghapus seluruh dosa dan kesalahan bagi orang kafir yang masuk Islam dan orang-orang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh, Islam sangat tidak memberatkan pemeluknya, dan begitu indah Islam jika di jalankan dengan benar-benar dan sesuai dengan aturan syari’at yang ada.
Selain itu Islam menjaga jiwa, Allah SWT mengharamkan pembunuhan dan penumpahan darah umat Islam. Islam memelihara jiwa, oleh karena itu Islam mengharamkan pembunuhan secara tidak hak (benar), dan hukuman bagi orang yang membunuh tanpa hak adalah hukuman mati.
Maka dari itu sangat jarang sekali terjadi pembunuhan di negara-negara yang menerapkan hukum syari’at Islam. Karena jika seseorang mengetahui jika membunuh orang akan di bunuh pula, maka ia tidak akan melakukan pembunuhan. Karenanya masyarakat akan hidup dengan tenang dan tentram. Begitulah keindahan Islam.























PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, dapat di simpulkan bahwa Islam sangat erat dan selalu ada unsur keindahan di dalamnya, tergantung seseorang itu menyikapi dan pandai-pandai menempatkannya. Dalam perintah-perintah dan larangan-larangan Islam selalu ada hikmah kebaikan dan keindahan di baliknya.

B.     Saran
Di harapkan kepada para pembaca, untuk pembuatan makalah selanjutnya, agar bisa menambah referensi yang lebih mendukung, karena dalam pembuatan makalah ini penyusun hanya menggunakan beberapa referensi saja, hal ini di karenakan keterbatasan sumber yang penyusun dapatkan.

















DAFTAR PUSTAKA


Notowidagdo, Rohiman, Ilmu Budaya Dasar Berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits, Jakarata : Raja Grapindo Persada, 1997
Haricahyono, Cheppy, Ilmu Budaya Dasar, Surabaya : Usaha Nasional, 1987
Nasution, Khoirudin, pengantar studi islam, Yogyakarta : ACAdeMIA+TAZZAFA, 2009


Tidak ada komentar:

Posting Komentar